Jurnal Usia Dini
Vol. 11 No. 1 (2025): Juni 2025

Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Anak Kelompok B Di TK ABA 06 Medan

Rahmawati, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak usia dini melalui penerapan model project based learning. Berdasarkan hasil PISA tahun 2022 ditemukan hasil bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Indonesia berada pada peringkat ke 68 dari 81 peserta. Hal ini juga sejalan dengan hasil temuan di lapangan bahwa kemampuan berpikir kritis anak pada beberapa indikator masih belum optimal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pre-test post-test pada 12 anak di TK ABA 06 Medan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kritis anak setelah penerapan model project based learning. Nilai Z sebesar -3.078 (p < 0.05) mendukung hipotesis penelitian. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model project based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. ...