Jurnal Usia Dini
Vol. 11 No. 1 (2025): Juni 2025

Upaya Meningkatkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Sicaplang (Simak-Ucap-Ulang) Pada Paud SPS TP Dahlia IV

Nurlaelah, Siti (Unknown)
Rahayu , Wening (Unknown)
Hastiningsih, Nuligar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode SICAPLANG (Simak-Ucap-Ulang) di PAUD SPS TP Dahlia IV. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti model spiral Kurt Lewin, terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SICAPLANG secara signifikan meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam berbagai aspek, termasuk kemampuan menyimak, mengulang, dan mengucapkan kata-kata dengan benar. Dari 15 anak yang terlibat dalam penelitian, terjadi peningkatan yang signifikan pada kemampuan bahasa mereka setelah diterapkannya metode ini. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. ...