Abstrak ΜΆ Mystic Maze merupakan salah satu jenis permainan yang mengasah logika dan strategi, di mana pemain harus menemukan jalur dari titik awal hingga mencapai tujuan yang ditentukan. Namun, menciptakan maze yang menantang, unik, dan efisien secara dinamis masih menjadi tantangan dalam pengembangan game modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game maze berbasis procedural generation menggunakan algoritma Depth First Search (DFS) yang diimplementasikan pada Unity. Metode DFS dipilih karena kemampuannya untuk menjelajahi jalur secara mendalam dan membentuk jalur solusi tunggal. Selanjutnya, penerapan teknik shuffling pada DFS digunakan untuk memastikan maze yang dihasilkan selalu unik pada setiap sesi permainan. Penelitian ini dimulai dengan inisialisasi seluruh area maze sebagai dinding, kemudian jalur dibentuk secara bertahap menggunakan DFS dengan memanfaatkan struktur data stack untuk mencatat jalur eksplorasi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa maze dengan dimensi 81x81 node dapat dihasilkan secara efisien dalam waktu singkat, dilengkapi fitur area tengah kosong berukuran 8x8 untuk mempermudah pemain memulai permainan, serta pintu keluar atau finish game yang jelas. Penelitian ini menunjukkan potensi untuk diterapkan tidak hanya sebagai alat hiburan tetapi juga dalam edukasi, khususnya untuk melatih logika dan pemecahan masalah. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada variasi jalur solusi dan pengaturan tingkat kesulitan yang memerlukan pengembangan algoritma tambahan di masa depan. Kata kunci: Procedural Generating Maze, Depth First Search, Game Mystic Maze.
Copyrights © 2025