Pendidikan karakter religius pada tingkat dasar menghadapi tantangan kompleks akibat pengaruh media digital, lemahnya kontrol orang tua, dan kurangnya keteladanan. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan bimbingan keagamaan berbasis kitab Akhlakul Banin untuk menanamkan nilai karakter religius di MI Darussalam. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), penelitian ini melibatkan pelatihan guru, implementasi pembelajaran, observasi, wawancara, dan diskusi kelompok terfokus. Hasilnya menunjukkan perubahan signifikan pada perilaku siswa, seperti peningkatan kesopanan, disiplin ibadah, dan kesadaran akhlak, terutama melalui pendekatan kisah inspiratif yang relevan dan menyentuh aspek emosional. Guru berperan sebagai teladan dan fasilitator, meskipun terkendala oleh perbedaan pemahaman, keterbatasan waktu, dan minimnya dukungan orang tua. Upaya kolaboratif dan integrasi nilai akhlak dalam pembelajaran tematik berhasil mengatasi kendala tersebut, memperkuat iklim religius di Madrasah.
Copyrights © 2025