Kemampuan literasi matematik menjadi modal dasar bagi siswa untuk secara komperhensif mengenal, memahami, dan menyelesaikan masalah matematik dalam pembelajaran. Adapun tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu: 1) memberikan edukasi terkait memanfaatkan konteks matematik dengan mengutamakan kemampuan visual dalam pembelajaran untuk dapat memunculkan kemampuan literasi, 2) meningkatkan kompetensi literasi matematika siswa melalui pengenalan konteks layang-layang. Komposisi materi yang disajikan dalam pelatihan ini meliputi: 1) pembelajaran melalui penguatan literasi matematika; 2) mengenal literasi dan Numerasi; 3) konteks layang-layang dan materi matematika. Hasil yang didapat yaitu mampu menggiring pemahaman siswa mengenai keterkaitan/ intertwining konteks terhadap materi matematika sampai pada konteks dapat mengaitkan pada materi diluar matematik. Kesimpulan dari pelatihan ini yaitu: 1) Kemampuan memetakan intertwining materi terhadap konteks matematika dan juga wawasan bagaimana sebagai guru dan calon guru menggunakan konteks untuk proses pembelajaran, dimana tidak hanya mengenalkan namun menjadikan konteks matematik melalui kegiatan visual secara komperhensif. 2) Peningkatan kompetensi literasi matematik peserta ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap terhadap literasi yaitu sebanyak 77,4% peserta menyatakan bahwa kegiatan pelatihan sangat penting dilakukan dan memberikan dampak positif terhadap penguatan kompetensi literasi matematika peserta yang tentunya diharapkan memiliki kolerasi terhadap kompetensi literasi matematika siswa di sekolah
Copyrights © 2025