Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan sentimen ulasan pelanggan Hotel The Alts Palembangmenggunakan algoritma Naive Bayes dan metode Synthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE).Data diperoleh dari ulasan Google Maps, kemudian diproses melalui tahap pembersihan dan prapemrosesanteks. Label sentimen ditentukan secara manual berdasarkan konteks isi komentar. SMOTE diterapkan untukmenyeimbangkan distribusi data, diikuti dengan pelatihan model menggunakan beberapa skenario pembagiandata latih dan uji. Hasil terbaik diperoleh pada skenario pembagian 80:20, dengan akurasi 92,16%, precision65%, recall 72%, dan AUC 0,8611%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Naive Bayes danSMOTE efektif digunakan untuk klasifikasi sentimen ulasan teks hotel serta dapat mendukung pengambilankeputusan berbasis persepsi pelanggan.Kata kunci : analisis sentimen; Naive Bayes; SMOTE; ulasan hotel; klasifikasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025