Beberapa terakhir ini sering kali terjadi kecelakaan perkeretaapian salah satu faktornya pada sistem persinyalan. Sistem persinyalan merupakan faktor terpenting dalam pengoperasian pelayanan perjalanan kereta. PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan peningkatan safety salah satunya terkait peningkatan sistem persinyalan dari sistem persinyalan mekanik menjadi elektrik, saat ini perencanaan tersebut dilakukan pada Stasiun Lahat Divisi Regional III Palembang. Pada penelitian ini membahas perancangan interlocking pada Stasiun Lahat dengan metode kualitatif dengan tingkat eksplanasi berjenis deskiptif, penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan tahapan interlocking dan membandingkan sistem interlocking eksisting dan rencana. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung melalui observasi layout di PT kereta Api Indonesia (Persero) dan wawancara dengan narasumber yang melakukan survei langsung. Hasil penelitian menghasilkan route table interlocking untuk mengetahui pergerakkan kereta yang dapat dibentuk di Stasiun Lahat baik kereta penumpang ataupun kereta barang dan baik kereta melintas ataupun kereta langsiran serta mengetahui conflict route untuk mengetahui rute perjalanan kereta yang menghalangi pergerakkan kereta.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025