QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2025): 2025

Implementasi Bimbingan Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD di Desa Gedangsewu

Wulan Maulidatun Nisa (Unknown)
Ahmad Faizi (Unknown)
Nurul Izzah (Unknown)
Anis Ainuril Magfiroh (Unknown)
Sandi Tri Nugroho (Unknown)
Mohamad Fa’is Dwi Prasetyo (Unknown)
Mohammad Gayuh Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Rendahnya literasi membaca siswa sekolah dasar, khususnya di wilayah pedesaan seperti Desa Gedangsewu, menunjukkan perlunya intervensi yang kontekstual dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan dan dampak bimbingan literasi oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SD Desa Gedangsewu. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang melibatkan 20 siswa dan orang tua mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kelancaran membaca, pemahaman isi, dan kepercayaan diri siswa setelah mengikuti program literasi interaktif dan ramah anak selama empat minggu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bimbingan literasi yang melibatkan kolaborasi antara mahasiswa, guru, dan orang tua dapat secara efektif meningkatkan keterampilan membaca siswa di daerah yang kurang terlayani. Model ini dapat dijadikan rujukan praktis dalam inisiatif literasi pendidikan dasar di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...