QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2025): 2025

Model dan Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Kajian Filosofis, Metodologis, dan Aplikatif

Najwa Ammara Jauza (Unknown)
Albina , Meyniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Pendekatan kuantitatif merupakan metode penelitian ilmiah yang berakar pada filsafat positivisme dan banyak digunakan dalam studi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep, model, dan pendekatan dalam metode penelitian kuantitatif dari sudut pandang filosofis, metodologis, dan aplikatif. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui telaah literatur dari buku, jurnal ilmiah, dan artikel penelitian yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan kuantitatif memiliki karakteristik utama seperti objektivitas, pengukuran numerik, analisis statistik, serta kemampuan generalisasi terhadap populasi yang luas. Penelitian kuantitatif juga menekankan pengujian hipotesis, hubungan kausal, dan validitas hasil yang dapat direplikasi. Namun demikian, keterbatasannya terletak pada ketergantungan terhadap asumsi distribusi data normal dan kurangnya kemampuan menjangkau dimensi subjektif. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pemahaman mendalam terhadap prinsip, tahapan, dan teknik kuantitatif agar penelitian menghasilkan temuan yang valid, reliabel, dan relevan dalam ranah pendidikan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...