Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 2 (2016)

PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN ASPIRASI PENDIDIKAN SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN LATAR BELAKANG BUDAYA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Ninil Endriani (Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang budaya yang mempengaruhi perilaku siswa dalam belajar dan inkonsistensi temuan penelitian tentang motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan siswa laki-laki dan perempuan dari berbagai ras. Ini merupakan penelitian metode deskriptif komparatif yang menerapkan metode kuantitatif, dengan menggunakan stratified sampling, 350 siswa terpilih sebagai sampel di SMA Negeri 1 Batusangkar dan SMA Negeri 1 Balige. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian motivasi dan aspirasi pendidikan dari siswa dalam kategori tinggi, dan (2) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan antara siswa latar belakang budaya Minangkabau dan Batak, ada yang signifikan perbedaan motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan antara lakilaki dan siswa perempuan latar belakang budaya Minangkabau, di mana motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan siswa perempuan Minangkabau lebih tinggi dari siswa laki-laki Minangkabau Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Aspirasi Pendidikan, Gender, dan Budaya

Copyrights © 2016