Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 3 No 1 (2022): Juni

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X

Toruan, Cici Orita Lumban (Unknown)
Pangaribuan, Lena Rosdiana (Unknown)
Sinaga, Samuel Juliardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan numerasi siswa kelas X SMA Swasta Hang Tuah Belawan T.A. 2024/2025. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Hang Tuah Belawan yang terdiri dari 7 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-3 dan kelas X-5 yang dianggap memiliki kemampuan awal yang sama. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (X-3) sebanyak 36 orang siswa dan sebagai kelas kontrol (X-5) sebanyak 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil t hitung 0,000 pada kemampuan numerasi yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional. Kualitas pembelajaran dilihat dari daya serap perseorangan, daya serap klasikal dan uji t. Berdasarkan daya serap perseorangan yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terdapat 34 orang siswa yang tuntas dengan nilai di atas 70 dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan nilai di bawah 70. Berdasarkan daya serap klasikal, untuk persentase ketuntasan klasikal adalah 94,44% dengan kategori sangat tinggi dan dari hasil uji-t disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan numerasi siswa. Hasil lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor 4,02 yang berarti kesesusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,3 yang berarti baik, maka dapat disimpulkan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan numerasi siswa pada materi statistika di kelas X SMA Swasta Hang Tuah Belawan T.A. 2024/2025.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...