Dakwah dan komunikasi memiliki kaitan yang erat dan tidak dapat dipisahkan, diantaranya pendakwah atau da’i dan juga media sosial. Di media sosial sedang viral tentang da’i kondang, Abdul Somad dan Syafiq Reza Basalamah. Dua ustadz kondang ini berhasil menarik perhatian masyarakat dengan materi-materi dakwah yang disajikan dalam media komunikasi, baik televisi maupun media sosial. Satu yang menarik untuk dikaji dari keduanya yaitu materi bid’ah dalam pesan dakwah menggunakan analisis framing. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: (1) Model pesan dakwah materi bid’ah oleh Abdul somad menggunakan metode ceramah diisi dengan tanya jawab, dalam bentuk pendidikan dan pengajaran dengan tidak merasa diri benar sutuhnya. Sedangkan model pesan dakwah materi bid’ah oleh Syafiq Reza Basalamah menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, ditunjukan dengan penuh ketenangan dan ketegasan (2) Abdul Somad pada Islam itu indah official youtube, dan Syafiq Reza Basalamah pada sang pendoa official youtube. Kedua media sosial youtube tersebut memiliki tendensi yang berbeda dalam mengkonstruksi fakta teks pemberitaan dakwah tentang bid’ah, Islam itu indah official youtube cenderung menekankan pada isi teks, dan metode penyampaian dakwah Islam Nusantara yang dibawakan Abdul Somad, Sedangkan sang pendoa official youtube cenderung menekankan dakwah pada kisah-kisah Nabi pada zamannya,dan metode penyampaian dakwah wahabi Syafiq Reza Basalamah.
Copyrights © 2025