Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 2 (2016)

KONTRIBUSIHASIL PENILAIAN KINERJAGURU BK/KONSELOR TERHADAP PENINGKATAN SEKOLAH EFEKTIF

Ujang Saprudin (Pengawas Sekolah Madya Bidang Bimbingan dan Konseling SMA/SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Banten)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Melalui kajian ini kita akan menganalisis dampak Kinerja guru BK/ Konselor bagi peningkatan efektivitas sekolah melalui pemberdayaan Kinerja guru BK/ Konselor di sekolah, karena realisasi kebijakan sekolah efektif tersebut menuntut adanya perubahan sikap dan perilaku dari pihak guru-guru guna mendukung tumbuhnya prakarsa, inovasi, dan kreatifitas untuk membangkitkan motivasi kerja yang lebih produktif dalam memberdayakan otoritas sekolah, serta mengefisienkan sistem pengelolaan pendidikan di sekolah. Peran utama dari guruBK/Konselor sebagai pelaku terjadinya reformasi sekolah adalah memastikan mutu pendidikan di sekolah semakin meningkat melalui layanan bimbingan dan konseling yang bermutu,komprehensif dan memandirikan peserta didik,sehingga ujung-ujungnya pengembangan kualitas akademik dan non akademik peserta didik juga meningkat secara optimal dan signifikan. Kata kunci: Sekolah Efektif, Kinerja guru BK/ Konselor

Copyrights © 2016