Jurnal Abdimas Sangkabira
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Abdimas Sangkabira, Juni 2025

OPTIMALISASI PENDAPATAN USAHA KAKAO DI DESA NGLANGGERAN MELALUI STRATEGI BRANDING, PACKAGING, DAN DIGITAL MARKETING

Sardani, Rama Aditiya (Unknown)
Mahagiyani, Mahagiyani (Unknown)
Aminah, Aminah (Unknown)
Sugiono, Sugiono (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan daya saing produk kakao di Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, yang melibatkan 19 petani dari lima dukuh (Karangsari, Doga, Gunungbutak, Nglanggeran Wetan, dan Nglanggeran Kulon) yang menghadapi kendala dalam strategi pemasaran yang inovatif. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama tiga bulan dengan metode workshop, pelatihan branding, desain kemasan, dan pemanfaatan digital marketing, serta pendampingan berkelanjutan. Evaluasi kuantitatif berdasarkan kuesioner pre dan post pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman petani terhadap strategi pemasaran sebesar 80%. Selain itu, terjadi peningkatan penjualan produk kakao sebesar rata-rata 35% selama periode kegiatan. Kendati demikian, keterbatasan waktu dan jumlah peserta menjadi tantangan utama. Disarankan agar kegiatan ini diperluas dengan melibatkan lebih banyak petani dan dilakukan evaluasi lanjutan guna memastikan keberlanjutan peningkatan daya saing produk kakao. Pengabdian ini diharapkan menjadi model bagi daerah lain yang menghadapi tantangan serupa dalam pemasaran produk pertanian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Sangkabira adalah jurnal pengabdian pada masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Sangkabira yang dalam bahasa Sasak Lombok memiliki arti tolong menolong dan gotong royong, dengan harapan akademisi kampus dan masyarakat saling tolong menolong, ...