Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 2 (2025): April

Pengaruh Kemandirian Belajar, Lingkungan Sekolah, dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar

Fadhila, Ririn Nur (Unknown)
Arifuddin, Syamsur Rizal (Unknown)
Mursyidi, Busro Muhammad Al (Unknown)
Darmawan, Didit (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya memahami pengaruh kemandirian belajar, lingkungan sekolah, dan efiaksi diri terhadap hasil belajar siswa, karena ketiga faktor tersebut saling berinteraksi dalam membentuk proses pembelajaran yang efektif dan memiliki dampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar, lingkungan sekolah, dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan terhadap 35 siswa kelas VII di MTs Miftahiyah YASI Bangkalan menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan survei. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kemandirian belajar, lingkungan sekolah, dan efikasi diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi, didukung lingkungan sekolah yang kondusif, dan memiliki efikasi diri yang baik, cenderung mencapai hasil belajar yang lebih optimal. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan adanya program penguatan kemandirian belajar, peningkatan kualitas lingkungan sekolah, serta strategi pembelajaran yang mendukung pengembangan efikasi diri siswa untuk meningkatkan hasil belajar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...