Salah satu masalah yang terjadi di tingkat sekolah dasar ialah kurangnya motivasi belajar siswa. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang kurang variasi. Solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut ialah dengan guru menerapkan metode joyful learning. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode joyful learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDIT Buahati Islamic School 2 Jakarta timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis juga menyebar angket sebagai data pendukung. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode joyful learning berjalan dengan sangat baik dan membuat siswa kondusif, seperti contoh siswa memperhatikan penjelasan guru. Selain itu, siswa mengerjakan tugas sesuai dengan kemampuannya tanpa mengeluh kepada guru atas tugas yang diberikan, tidak ditemukan siswa yang menyontek hasil pekerjaan temannya, dan secara keseluruhan mendapatkan nilai diatas KKM. Faktor pendukungnya bersumber fasilitas memadai yang terdapat di dalam lingkungan sekolah. Sedangkan, untuk faktor penghambatnya terdapat pada diri seorang guru yang keliru dalam pemilihan metode joyful learning yang sangat beragam jenisnya
Copyrights © 2025