Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode kualitatif deskriptif digunakan pada penelitian ini melalui studi pustaka atau Study Literature Review (SLR). SLR merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan penelitian yang tersedia. Data yang diperoleh berupa data sekunder berbentuk artikel yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Data dikumpulkan dari berbagai jurnal pendidikan terindeks sinta 1-4 dalam rentang tahun 2019-2024. Sebanyak 20 artikel dikumpulkan selanjutnya data diproses melalui reduksi data sehingga diambil 14 artikel, 4 artikel berkenaan model PBL, 5 artikel berkenaan kemampuan berpikir kritis, danĀ 5 artikel berkenaan efektivitas model PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Selanjutnya, menarik kesimpulan dari penelitian sebelumnya tentang seberapa efektif model PBL. Hasil kajian menunjukkan bahwa 1) model PBL berpotensi efektif meningkatkan berpikir kritis siswa; 2) kemampuan berpikir kritis siswa selain dipengaruhi oleh fisiologis, kecerdasan, dan motivasi juga dipengaruhi oleh gaya belajar dan berpikirnya. Maka dari itu, PBL dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran yang mendorong peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2025