Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIS Hidayatul Insan menerapkan Kurikulum 2013 untuk kelas 2, 3, 5, dan 6 serta Kurikulum Merdeka untuk kelas 1 dan 4, sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan. Manajemen kurikulum dilaksanakan melalui tiga tahapan: (1) perencanaan, dengan pembentukan tim penjamin mutu dan penyusunan tujuan pengajaran; (2) pelaksanaan, dengan pengelolaan strategi pembelajaran dan kesesuaian materi; dan (3) evaluasi, melalui pengumpulan dan analisis bahan ajar. Implementasi kurikulum di lembaga pendidikan memerlukan manajemen yang efektif untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi proses manajemen kurikulum di MIS Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin dan mengidentifikasi tantangan dalam implementasi kurikulum ganda. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menelaah hasil wawancara, mengidentifikasi pola, dan menyimpulkan temuan. penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di MIS Hidayatul Insan telah berjalan cukup efektif meskipun menghadapi berbagai tantangan, dengan rekomendasi untuk meningkatkan kapasitas guru dan mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam implementasi kurikulum.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025