Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kelayakan serta efektivitas media permainan ular tangga bertema keragaman budaya di Indonesia dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk siswa kelas IV SD. Media ini dikembangkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket validasi, serta tes pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur kelayakan media serta efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga ini sangat layak digunakan berdasarkan validasi dari tiga ahli, dengan rata-rata tingkat kelayakan sebesar 96%. Uji coba pada siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 55,36 yang meningkat menjadi 83,21 pada posttest. Selain itu, penggunaan media ini mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, media permainan ular tangga ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam memperkuat pemahaman siswa terhadap materi keragaman budaya di Indonesia.
Copyrights © 2025