Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 22 No 2 (2024): Edukasi: Jurnal Pendidikan

PENGARUH PENDAFTARAN SISWA BERBASIS ZONA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR

Sutalmi, Ni Luh (Unknown)
Sulaeman, Samsurizal M (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah memicu perdebatan sengit di kalangan masyarakat. Kebijakan ini mengubah lanskap pemilihan sekolah, mendorong para siswa untuk mengeksplorasi berbagai pilihan pendidikan di lingkungan terdekat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan sistem zonasi PPDB terhadap hasil belajar siswa dan kinerja guru di sekolah dasar negeri di Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasinoal. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada 169 kepala sekolah dan guru PNS di sekolah dasar negeri menggunakan teknik cluster sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi dengan nilai (0.28>0.005) yang signifikan antara penerapan sistem zonasi PPDB dengan peningkatan hasil belajar siswa maupun kinerja guru di sekolah dasar negeri Kabupaten Parigi Moutong.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...