Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan materi segiempat melalui pembelajaran pendekatan Open-Ended dan konvesional; 2) mengetahui apakah pendekatan Open-Ended berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian yang menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen Negeri 2 Kota Ternate setelah diterapkan pendekatan Open-Ended pada materi persegi panjang, diperoleh kualifikasi kreatif sekali 3 siswa (27%) kualifikasi kreatif 3 siswa 27%, kualifikasi cukup kreatif 4 siswa (36%), kualifikasi kurang kreatif 0 siswa (0%) kualifikasi tidak kreatif sebanyak 1 siswa (9%).Pembelajaran denganĀ menggunakan pendekatan Open-Ended tidak saja berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, namun juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya pada materi segiempat.
Copyrights © 2025