Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI)
Vol 6, No 1 (2025): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI) - Juni (In Press)

Pengaruh Promosi Media Sosial dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung kembali di Objek Wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape

Sirait, Necia Ribka (Unknown)
Aramita, Finta (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi media sosial dan daya tarik wisata terhadap minat berkunjung kembali di objek wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape. Masalah difokuskan pada pentingnya efektivitas strategi promosi digital dan kualitas daya tarik destinasi dalam mempertahankan loyalitas wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif, melibatkan 120 responden melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda serta uji validitas, reliabilitas, dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik promosi media sosial maupun daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan destinasi wisata dalam menarik kunjungan ulang sangat bergantung pada strategi promosi yang terarah dan pengelolaan daya tarik yang optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimbi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI) is a journal to managed of Management Study Program Faculty of Economics and Business, University of Medan Area, for aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and ...