Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons guru dan siswa terhadap penggunaan novel daring dalam pembelajaran menulis teks drama. Pada sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas sudah diminta untuk membuat naskah drama. Guru dan siswa merasa terbantu dengan adanya novel daring saat ini dikarenakan memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis teks drama. Penelitian ini dilakukan di SMAN Colomadu pada kelas 11a, 11b, dan 11c. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 103 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas respons guru dan siswa terhadap penggunaan Novel Daring dalam pembelajaran menulis teks drama pada kelas 11 yang dibuktikan melalui uji reliabilitas dengan nilai sebesar 0,813, sehingga data dinyatakan reliabel. Pada hasil uji normalitas menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,006, sehingga data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,815 > 0,005, sehingga dinyatakan homogen. Pada tahap terakhir hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-sided) sebesar 0,000, sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analiss data, penggunaan Novel Daring yang berupa Wattpad, Webtoon, dan Fizzo Novel efektif dalam pembelajaran menulis teks drama.
Copyrights © 2025