Jurnal Bunga Rampai Usia Emas
Vol. 10 No. 2: Desember 2024

Sensory Board dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Disabilitas Tunanetra

Maulida, Mamlu’atul Eka (Unknown)
Aprilya, Heni (Unknown)
Azka, Fanniyatul (Unknown)
Liftianah, Vivian (Unknown)
Kanjeng, Kharisma (Unknown)
Islamiyah, Ni'matul (Unknown)
Ziadatul, Rismalia Olga Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Tujuan artikel ini adalah menunjukkan hasil analisis dari hasil pembuatan media pembelajaran Sensory Board di SLB Dewi Sartika Sidoarjo. Dengan hasil media Sensory Board diharapkan kita bisa melihat cara pembuatan media, reaksi anak, hasil kemajuan yang didapatkan anak ketika belajar, dan upaya yang dilakukan guru serta orang tua untuk menunjang segala bentuk belajar anak berkebutuhan khusus dengan melibatkan pengembangan keterampilan dan perkembangan kognitif. Jika sudah ditemukan hasil belajar yang dilakukan anak, maka guru bisa melaporkan hasil kemajuan anak kepada orang tua, begitupun sebaliknya jika ada gangguan ketika anak diberikan stimulus maka itu juga bisa dikoordinasikan oleh orang tua agar mereka mengetahui perkembangan yang harus diberikan stimulus. Karena sesungguhnya tidak ada perbedaan antara anak berkebutuhan khusus dengan anak normal ketika dimasukkan ke lembaga sekolah, mereka harus tetap bisa belajar dengan optimal dan guru juga harus mengupayakan untuk bisa mencerdaskan anak dan mengembangkan potensi yang dimiliki anak meskipun anak tersebut masih memerlukan perhatian yang khusus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jhp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, yaitu: Penelitian dan/atau gagasan ide serta hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, meliputi pengembangan kognitif, fisik motorik, bahasa, nilai agama dan moral, sosial emosional, serta pengembangan seni dan kreativitas, ...