Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Vol 6, No 2 (2025): J-P3K

Hubungan Regulasi Diri dengan Impulsive Buying pada Generasi Z yang Memakai Pinjaman Online

Sitanggang, Hoki Julianus (Unknown)
Wijaya, Filicia Austien (Unknown)
Aprilicia, Bellin (Unknown)
Mirza, Rina (Unknown)
Putra, Achmad Irvan Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini untuk melihat hubungan antara Regulasi Diri dengan Impulsive Buying pada generasi Z dalam memakai pinjaman online. Sampel penelitian berjumlah 120 responden yang bekerja di CV. Continent Ban Gatot Subroto. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala Likert untuk mengukur Regulasi Diri dan Impulsive Buying. Hasil analisis Pearson Product Moment menunjukkan adanya hubungan negatif signifikan (r = -0.777, p 0.05). Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi Regulasi Diri, semakin rendah tingkat Impulsive Buying, dan sebaliknya. Regulasi Diri memberikan kontribusi sebesar 60.4% terhadap perilaku Impulsive Buying, sementara 39.6% dipengaruhi oleh faktor lain. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang pengaruh Regulasi Diri dalam mengurangi perilaku konsumtif pada generasi Z, khususnya dalam konteks penggunaan pinjaman online.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-P3K

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki ...