Tujuan dilaksanakannya penelitian ni adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi bagaimana pengaruh dari self efficacy terhadap student engagement pada 182 siswa SMA Perguruan Buddhis Bodhicitta Medan. Metode pengambilan sampe yang digunakan dalam penelitian ni berupa metode nonproposiona stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ni adalah dengan membagikan kuesioner kepada sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ni berupa penggunaan metode analisis regresi linier sederhana dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap student engagement dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS (Statistica Product and Service Solution) version 26.0 for windows. Hasi penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Self Efficacy memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Student Engagement pada siswa Sekolah Menengah Atas Perguruan Buddhis Bodhicitta. Nilai thitung untuk variabel Self Efficacy (X1) menunjukkan bahwa nilai thitung (10,222) lebih besar dari ttabe (1,981) dengan tingkat signifikan 0,000 lebih keci dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsia antara Self Efficacy terhadap Student Engagement. Nilai koefisien determinasi Adjusted R Square adalah sebesar 0,492. Ha ni menunjukkan bahwa kemampuan variabel Self Efficacy menjelaskan pengaruhnya terhadap Student Engagement (Y) adalah sebesar 49,2%. Sedangkan sisanya sebesar 40,8% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2025