Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 3 (2025): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial

Personalisasi Pembelajaran Pada Materi Pengenalan Bagian Tanaman Menggunakan Augmented Reality (AR)

Rahmawati, Anita (Unknown)
Indrawan, Indrawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan pembelajaran yang dipersonalisasi dalam memperkenalkan bagian-bagian tanaman kepada siswa menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan retensi siswa dengan mengintegrasikan konten digital interaktif ke dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dipersonalisasi diterapkan dengan menyesuaikan konten berdasarkan gaya dan kecepatan belajar individu, sementara AR digunakan untuk memberikan visualisasi tiga dimensi dari struktur tanaman. Penelitian ini dilakukan melalui metode kuasi-eksperimen yang melibatkan sekelompok siswa sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui tes pra dan pasca, observasi, dan umpan balik siswa. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan AR dalam lingkungan pembelajaran yang dipersonalisasi secara signifikan meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap biologi tanaman. Studi ini menyimpulkan bahwa menggabungkan pembelajaran yang dipersonalisasi dengan AR dapat menciptakan pengalaman pendidikan yang efektif dan menyenangkan, terutama dalam pendidikan sains di tingkat dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan ...