Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep perkalian serta strategi belajar yang diterapkan oleh siswa dengan kemampuan akademis yang berbeda. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan tes tertulis yang melibatkan sepuluh siswa kelas 6 SD. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan siswa dalam memahami konsep perkalian disebabkan kurangnya pemahaman dasar, perbedaan gaya belajar, dan penggunaan strategi yang kurang efektif. Siswa dengan kemampuan lebih tinggi menunjukkan pemahaman yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kemampuan lebih rendah. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan alat bantu visual dan manipulatif perlu digunakan dalam pengajaran perkalian untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dengan menggali pengalaman siswa dan strategi yang mereka gunakan, penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.
Copyrights © 2025