Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan antisipasi siswa dalam menyelesaikan soal polinomial berdasarkan gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa laki-laki cenderung menggunakan antisipasi eksploratif, impulsif, dan mengandalkan ingatan, sedangkan siswa perempuan menunjukkan antisipasi analitik. Analisis data mengungkapkan bahwa meskipun kedua kelompok mampu memahami soal dan merencanakan penyelesaian, siswa laki-laki lebih banyak mencoba alternatif tanpa analisis mendalam, sementara siswa perempuan lebih fokus pada perencanaan yang runtut dan pengecekan hasil. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pola antisipasi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, yang menunjukkan bahwa faktor gender mempengaruhi strategi pemecahan masalah matematika. Temuan ini memberikan implikasi bagi guru untuk merancang pendekatan pembelajaran yang mempertimbangkan perbedaan gender agar dapat mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa secara optimal.
Copyrights © 2025