Dalam menyelesaikan soal matematika, siswa sering kali terlibat dalam kesalahan yang beragam, mencakup kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Studi kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hubungan antar sudut pada dua garis sejajar berdasarkan objek dasar matematika. Penelitian ini melibatkan 26 siswa dan menjadikan 3 siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa kesalahan konsep dan prinsip merupakan kesalahan yang paling sering dijumpai ketika siswa menyelesaikan soal hubungan antar sudut pada dua garis sejajar, dan selanjutnya diikuti dengan kesalahan fakta dan operasi. Menindaklanjuti temuan pada penelitian ini, maka penting bagi guru untuk mengambil pendekatan yang membangun, mendukung, dan membimbing agar guru dapat membantu siswa dalam mengatasi kesalahan dengan efektif dan memperkuat pemahaman mereka.
Copyrights © 2025