Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) merupakan salah satu dari tempat mengembangka dan meningkatkan pendidikan anak pada usia dini sebagai salah satu sarana mengenalkan anak membaca dan menulis Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) Rumah Quran Darul Atfal dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran di kalangan santri. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam dengan pengelola, pengajar, dan orang tua santri, serta observasi langsung di lingkungan TPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPA Rumah Quran Darul Atfal menerapkan berbagai metode pengajaran yang inovatif, termasuk teknik penghafalan yang terstruktur dan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Selain itu, dukungan motivasi dari pengajar dan orang tua berperan penting dalam mendorong santri untuk aktif menghafal Al-Quran. Dampak positif dari penghafalan Al-Quran terlihat dalam perkembangan spiritual dan moral anak-anak, yang tercermin dalam peningkatan karakter dan disiplin. Meskipun terdapat tantangan dalam proses pengajaran, seperti tingkat konsentrasi santri yang bervariasi, TPA berhasil mengimplementasikan solusi yang efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai kontribusi TPA dalam pendidikan Al-Quran dan pengembangan karakter generasi muda
Copyrights © 2025