Niagawan
Vol. 14 No. 2 (2025): NIAGAWAN VOL 14 NO 1 JULI 2025

PENGARUH HALAL AWARNESS, QUALITY DAN PRICE TERHADAP IMPULSE BUYING MAKANAN INSTAN DI KALANGAN MAHASISWA

Hasibuan, Fauziah Andriany (Unknown)
Zein, Aliman Syahuri (Unknown)
Mutiah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Impulse buying adalah keputusan pembelian secara tiba-tiba, terburu-buru dan tanpa perencanaan karena ada dorongan keinginan dari konsumen yang tidak dapat dihindari disebabkan oleh ketertarikan konsumen terhadap produk yang ditawarkan maupun tergoda oleh pemasar.Perilaku impulse buying dapat dialami oleh setiap orang termasuk mahasiswa untuk berbelanja impulse buying pada produk makanan instan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal (halal awarness), quality dan price terhadap pembelian impulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa.Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26.Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 99 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel halal awarness berpengaruh dan signifikan terhadap impulse buyingmakanan instan, variabel quality tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap impulse buying makanan instan, variabel price berpengaruhdan signifikan terhadap impulse buying. Adapun secara simultan halal awarness, quality dan price berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying Adapun secara diterminasi halal awarness, quality dan price mempengaruhi variabel impulse buying 28,4% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran halal (halal awarness), dan price merupakan faktor penting yang mempengaruhiimpulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa.Dan quality tidak mempengaruhi impulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

niagawan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Niagawan merupakan metadata OJS. Jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bisnis Fakulltas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED) sebagai media Program Studi Pendidikan bisnis memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis, ...