Bosowa Journal of Education
Vol 5 No 2 (2025): Bosowa Journal of Education, Juni 2025

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Di MIN 2 Kota Makassar Melalui Implementasi Project Based Learning Dengan Canva

Fitrini, Waode Uzli (Unknown)
Yunus, Muhammad (Unknown)
Hamid, Sundari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pemanfaatan aplikasi canva untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik MIN 2 Kota Makassar. Jenis Penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan rancangan penelitian adalah Nanoquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A dan peserta didik kelas V-C dengan jumlah keseluruhan siswa dijadikan sampel sebanyak 50 orang peserta didik yang terdiri dari 26 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu aplikasi canva dengan perolehan persentase 92% kategori sangat baik, (2) aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran matematika dari 24 responden menjawab angket menunjukkan perolehan persentase 91,05% kategori sangat baik, (3) dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran matematika yang diperoleh hasil dari 79,17% meningkat menjadi 91,17% dengan kategori sedang, dan (4) penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pemanfaatan aplikasi canva dikelas eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh dari 67,29 kategori kurang menjadi 84,17 kategori baik. This study aims to describe the impact of Project Based Learning (PjBL) Learning Model by using the canva aplication to increase Activity and Learning Outcomes students’ mathematics in MIN 2 Makassar City. This type of research is a quasi-experimental design with the research design being the nanoquivalent control group design. The population in this study were class V-A and class V-C students with a total sample of 50 students consisting of 26 boys and 24 girls. The data analysis techniques used is descriptive analysis and inferential statistics. The results showed that; (1) application of the Project Based Learning (PjBL) learning model assisted by the canva application with a percentage of 92% in the very good category, (2) student learning activities using the Project Based Learning (PjBL) learning model in mathematics subjects from 24 respondents answering the questionnaire shows a percentage of 91,50% in the very good category, (3) with the aplication of the Project Based Learning (PjBL) learning model it can increase student activity in mathematics learning, resulting ini result from 79,17% increasing to 91,17% in the medium category, and (4) the application of the Project Based Learning (PjBL) learning model using the canva application can improve studens’t mathematics learning outcomes with data obtained from 67.29 in the poor category to 84.17% in the good category.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...