Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui gambaran pembelajaran berdiferensiasi IPA terhadap kemampuan berpikir siswa SDN 3 Gandangbatu Sillanan kecamatan Gandangbatu Sillanan kabupaten Tana Toraja (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan yang diajar secara konvensional pada pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini adalah menggunakan penelitian Quasi eksperiment design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 3 Gandangbatu Sillanan. Adapun sampelnya adalah semua siswa kelas VI A sebai kelas ekperimendan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (pretest-posttest) dan dokumentasi, yang dianalisis dengan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t didapatkan nilai thitung sebesar 13,754 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti hipotesis diterima yaitu pembelajaran berdiferensiasi IPA berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SDN 3 Gandangbatu Sillanan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. This study was conducted with the aim to (1) determine the description of science differentiated learning on the thinking ability of students of SDN 3 Gandangbatu Sillanan sub-district Gandangbatu Sillanan district Tana Toraja (2) To determine the difference in critical thinking skills of students taught with differentiated learning strategies with those taught conventionally in Science lessons in Class VI Elementary School Gandangbatu Sillanan District Tana Toraja Regency. This research is a quasi-experiment design using a quantitative approach. The population in this study were all students of SDN 3 Gandangbatu Sillanan. The sample was all students of class VI A as the experimental class and class VI B as the control class. The data collection techniques used in this study were tests (pretest-posttest) and documentation, which were analyzed with descriptive statistics, normality test, homogeneity test and hypothesis test (t test). The results showed that based on the results of the t test, the tcount value was 13.754 with a significance value of 0.000 <0.05. This means that the hypothesis is accepted, namely that differentiated learning of science affects the critical thinking skills of students of SDN 3 Gandangbatu Sillanan, Gandangbatu Sillanan District, Tana Toraja Regency.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025