This research was conducted to determine the influence of market orientation, product innovation and digital marketing on competitive advantage by increasing sales volume as a moderating variable. The object of research is culinary, fashion and craft MSMEs in Bogor City. The data used in this research is secondary data. This type of research uses descriptive methods with a quantitative approach. The sampling technique is purposive sampling. The number of samples in this research based on the criteria obtained as many as 212 respondents consisting of food, clothing and craft business actors using the SEM AMOS 24 testing tool. The analysis technique used was partial and moderate. Partial test results show that market orientation has no effect on competitive advantage, product innovation has a positive and significant effect on competitive advantage, and digital marketing has a positive and insignificant effect on competitive advantage. And the results of the moderation test show that increasing sales volume weakens market orientation towards competitive advantage, while increasing sales volume can strengthen product innovation towards competitive advantage, and increasing sales volume weakens digital marketing towards competitive advantage.   Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing dengan Peningkatan Volume Penjualan Sebagai Variabel Moderating. Objek penelitian pada UMKM kuliner, fashion dan kerajinan di Kota Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Jenis penelitian ini menggunkan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berdasarkan kriteria diperoleh sebanyak 212 responden terdiri dari pelaku usaha makanan, pakaian dan kerajinan dengan alat pengujian SEM AMOS 24. Teknik analisis yang digunakan adalah secara parsial dan moderasi. Hasil uji secara parsial menunjukan bahwa Orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing tidak berpengaruh, inovasi produk terhadap keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan, dan digital marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing. Dan hasil uji moderasi menunjukan bahwa peningkatan volume penjualan memperlemah orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, sedangkan peningkatan volume penjualan dapat memperkuat inovasi produk terhadap keunggulan bersaing, dan peningkatan volume penjualan memperlemah digital marketing terhadap keunggulan bersaing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025