Kajian Penerapan Analisis Nilai Tambah Dan Efisiensi Pemasaran Produk Gula Merah Pada Usaha Kecil Menengah Malangga Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli, Pembimbing I Bapak Bustam dan Pembimbing II Ibu Nur Alam.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui nilai tambah yang dihasilkan petani pada produk pengolahan gula merah di Desa Malangga, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, 2) Untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran terkait dengan margin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan dan biaya produk pengolahan gula merah di Desa Malangga, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli.Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dalam menjelaskan variable yang diteliti dengan melibatkan 11 orang informan kunci yang terlibat secara langsung mulai dari proses pengolahan gula merah hingga distribusinya ke tangan konsumen yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Mengolah air nira menjadi gula merah menyebabkan adanya nilai tambah pada komoditi Aren. Nilai tambah dapat berupa nilai tambah pada produk, dimana bahan baku yang semula merupakan bahan mentah dari proses pengolahan dapat dimanfaatkan sehingga lebih bernilai ekonomi; 2) Keempat saluran pemasaran gula merah tergolong sangat efisien, setiap saluran pemasaran mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada biayanya.
Copyrights © 2025