Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 4, No 2 (2025): April-Juni

ANALISIS ETNOPEDAGOGI PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI ERA GLOBALISASI (STUDI KASUS GURU SENI BUDAYA DI KOTA MAKASSAR)

M, Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai etnopedagogi dalam pembelajaran seni budaya di sekolah menengah Kota Makassar. Dengan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru seni budaya di lima sekolah. Hasil menunjukkan bahwa meskipun globalisasi mendorong homogenisasi budaya, sebagian guru secara aktif mengintegrasikan nilai lokal seperti siri' na pacce, sipakatau, dan unsur seni lokal Makassar ke dalam strategi pembelajaran. Penerapan etnopedagogi terbukti memperkuat identitas siswa, meningkatkan partisipasi aktif, serta membangun apresiasi terhadap budaya lokal walaupun belum semua guru memahami dengan baik metode etnopedagogi dalam pembelajaran namun, sesungguhnya esensi dari metode ini telah diterapkan, disisi lain ketidak pahaman akan hal tersebut disebabkan keterbatasan media ajar dan kurangnya pelatihan guru menjadi tantangan utama

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

botinglangi

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan diterbitkan oleh Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Boting Langi menerbitkan karya ilmiah hasil penelitian seni dan pendidikan seni. Redaksi menerima artikel belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format ...