Penelitian ini adalah jenis penilitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini yakni (i) mengembangkan modul pembelajaran untuk materi pembelajaran Sketsa, dan (ii) mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari modul pembelajaran yang dikembangkan. Tingkat kevalidan diketahui dari hasil evaluasi oleh validator terhadap modul pembelajaran yang ditinjau dari segi materi, media, dan desain. Kepraktisan dan keefektifan diperoleh dari penilaian oleh mahasiswa dan dosen sebagai pengguna produk. Prosedur pengembangan modul pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Brog dan Gall. Prosedur ini meliputi 3 tahapan yakni (i) tahap pendahuluan, meliputi kegiatan pengumpulan informasi dan perencanaan; (ii) tahap pengembangan, meliputi kegiatan pengembangan modul pembelajaran dan validasi ahli; dan (iii) tahap uji coba dan revisi, meliputi kegiatan uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar yang kemudian direvisi di setiap tahap iji coba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran materi pembelajaran Sketsaa telah memenuhi kriteria: (i) valid yang ditinjau dari hasil penilaian oleh para ahli terhadap modul pembelajaran memenuhi kriteri sangat layak; (ii) praktis yang ditinjau dari hasil penilaian terhadap modul pembelajaran oleh mahasiswa dan dosen telah menunjukkan kriteri sangat layak, (iii) efektif dalam penggunaan modul mudah /sulit menggunakan modul, memudahkan mahasiswa dalam menggambar/Sketsa ditinjau dari hasil perolehan mahasiswa angkatan 2013 prodi pendidikan seni rupa dalam pembelajaran Sketsaa telah memenuhi standar. Hasil uji coba menunjukkan bahwa modul pembelajaran Sketsa sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Sketsa pada prodi pendidikan seni rupa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, dan mahasiswa lainnya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025