Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan 1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana penerapan model kooperatif STAD tari lumondo untuk meningkatkan kemampuan menari siswa kelas VIII 1 di SMP Negeri 2 Mappedeceng luwu utara. 2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana tingkat keberhasilan siswa teradap pembelajaran tari lumondo melalui penerapan model kooperatif STAD. Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya apresiasi siswa terhadap menari yaitu siswa tidak memahami wiraga dalam menari, siswa tidak memahami wirama dalam menari dan siswa tidak memahami wirasa dalam menari. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa sebesar 39 semakin menunjukan adanya permasalahan. Sehingga Penerapan model kooperatif STAD menjadi wadah dalam meningkatkan kemampuan menari. Pada penerapan penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Peneliti menerapkan model kooperatif STAD dalam menyusun materi praktek menari, penerapan model kooperatif STAD ini sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa dalam memahmi wiraga dalam menari, wirama dalam menari, dan wirasa dalam menari. Meningkatnya kemampuan menari siswa kelas VIII 1 di SMP Negeri 2 Mappedeceng dapat dilihat dari hasil perolehan nilai tes kinerja menari yang diperoleh dari hasil penerapan model kooperatif STAD pada saat sebelum dilakukan penerapan model kooperatif STAD pada pembelajaran menari tari lumondo yaitu hasil prasiklus 39, sedangkan nilai setelah diterapkan model kooperatif STAD pada siklus I yaitu 56,7 dan nilai yang diperoleh dari siklus II yaitu 86,9. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model kooperatif STAD tari lumondo untuk meningkatkan kemampuan menari siswa kelas VIII 1 di SMP Negeri 2 Mappedecng luwu utara dinyatakan berhasil
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025