Pendidikan karakter merupakan hal yang penting dalam konteks pendidikan di Indonesia bahkan di dunia. Mengingat begitu Pentingnya Pendidikan Karakter tersebut, Pendidikan karakter telah menjadi fokus utama dalam pendidikan di banyak negara. Populasi atau Subyek dalam penelitian ini adalah kelas tujuh semester Ganjil SMP UNIMUDA Pulau Arar Kabupaten Sorong tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 26 siswa. Langkah awal pada penelitian ini adalah dengan melakukan observasi awal untuk mengetahui karakter berkebinekaan global siswa kelas tujuh tersebut. Kemudian melakukan tindakan pelatihan tari adat moi dengan kreasi baru dibantu dengan beberapa instruktur tari. Hal ini dilakukan dalam beberapa sesi latihan. Kemudian peneliti melakukan asesmen akhir untuk mengambil data nilai karakter berkebinekaan global. Setelah data asesmen awal dan asesmen akhir diperoleh, penulis melakukan analisis data yang tersaji dalam bentuk deskripsi persentase. Setelah melakukan analisis, diketahui bahwa perolehan total nilai dan rata-rata total nilai serta persentase partisipasi aktif siswa dari asesmen awal, tidakan aksi hingga asesmen akhir mengalami peningkatan. Presentase tingkat kreatifitas pada karakter Kreatif siswa meningkat 15,56%. Nilai rata-rata pada karakter Kreatif dari 69,70 pada asesmen awal menjadi 71,53 pada pada asesmen akhir. Pencapaian ketuntasan pada karakter Gotong royong meningkat dari 73,33 pada asesmen awal menjadi 93,33 pada asesment akhir. Hasil ini dapat digunakan sebagai bukti bahwa pengembangan tarian adat moi kreasi baru berpengaruh secara signifikan dalam membangun karakter Berkebinekaan global di SMP UNIMUDA Pulau Arar Kabuparen Sorong.
Copyrights © 2023