Pendidikan tinggi di era 21 menuntut pendekatan yang inovatif dan adaptif untuk memastikan kualitas pembelajaran yang optimal. Salah satu pendekatan yang diadopsi oleh Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) adalah strategi kepemimpinan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas strategi kepemimpinan kolaboratif dalam meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa di FIP UMJ di era 21. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan kolaboratif di FIP UMJ telah memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan mahasiswa. Partisipasi aktif dari dosen, mahasiswa, dan staf administrasi dalam proses pembelajaran dan pengambilan keputusan telah meningkatkan motivasi belajar, pengembangan keterampilan, dan pencapaian tujuan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi kepemimpinan kolaboratif efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, dinamis, dan berorientasi pada kolaborasi di FIP UMJ di era 21. Namun, perlu dilakukan upaya berkelanjutan dalam memperkuat kapasitas, meningkatkan partisipasi, dan menyesuaikan strategi dengan dinamika yang terus berubah dalam pendidikan tinggi.
Copyrights © 2023