Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 4 No. 3 (2025): Juni 2025

Literature Review: Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membangun Kesadaran Sosial Siswa Sekolah Dasar

Nana Fauzana Azima (Unknown)
Maria Berliana Nogo Karangora (Unknown)
Melani Kurnia Putri (Unknown)
Lani Nabila Putri (Unknown)
Selfi Raudah (Unknown)
Zahra Fadillah (Unknown)
Selvia Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Pendidikan multikultural adalah pendekatan yang mengintegrasikan keberagaman budaya dalam proses pembelajaran untuk membangun kesadaran sosial siswa. Artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan multikultural dalam membangun kesadaran sosial siswa sekolah dasar berdasarkan penelitian dan publikasi dalam lima tahun terakhir yang terindeks SINTA. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan menggunakan tinjauan pustaka terhadap 21 artikel yang relevan. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi Publish or Perish untuk mengidentifikasi tren dan temuan utama. Isi muatan pendidikan multikultural pada sekolah dasar dirancang berdasarkan dengan perkembangan budaya dan cerimanan karakter bangsa, yang mana bertujuan guna memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa pentingnya memiliki sikap, pandangan, dan tingkah laku yang mencerminkan seseorang yang menghargai perbedaan budaya sehingga dapat menumbuhkan rasa toleransi antar sesamanya. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa terdapat beberapa cara dalam pengimplementasian pendidikan multicultural dalam meningkatkan kesadaran social siswa, seperti kegiatan ekstrakurikuler, peran orang tua, dukungan dari guru dan kepala sekolah, metode pembelajaran CTL, dll. Selain itu, dengan memperkenalkan keberagaman budaya tersebut oleh guru akan dapat memberikan gambaran kepada peserta didik bagaimana konsep multikultural dalam berbagai disiplin ilmu. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi pendidikan multikultural dapat meningkatkan kesadaran social siswa melalui berbagai pendekatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...