AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 3 (2024): Juni

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fikih

Nur’Azizah, Nur’Azizah (Unknown)
Iim Imaniyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Keterbatasan kompetensi mengajar dan kekurangan guru di MTs N 13 Indramayu telah menimbulkan masalah dalam proses pembelajaran siswa, baik secara individu maupun kelompok. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu diterapkan model pembelajaran yang efektif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan, kemandirian, dan keterampilan sosial siswa di kelas VII MTs N 13 Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di MTs N 13 Indramayu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran PBL di kelas VII MTs N 13 Indramayu sudah berjalan dengan baik. PBL dipilih oleh guru sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan implementasi PBL antara lain pemilihan mata pelajaran yang sesuai, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, serta dukungan kompetensi dan profesionalisme guru. Penerapan model PBL di MTs N 13 Indramayu terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan, kemandirian, dan keterampilan sosial siswa. Dukungan sarana prasarana yang memadai dan kompetensi guru yang tinggi menjadi kunci utama keberhasilan model pembelajaran ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

NIDA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN 2963-9255, P-ISSN 2476-9177) Journal An Nida focus on the issues that are related in Islamic Education; including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic ...