Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 5, No 2 (2025)

IMPLEMENTASI APTITUDE TEST DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Nuridin, Slamet (Unknown)
Kusmaryono, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi aptitude test sebagai bagian dari strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Semarang dengan partisipan peserta didik kelas XI.H sebanyak 35 orang. Pengumpulan data melalui pengamatan dan tes tertulis. Hasil menunjukkan bahwa penerapan aptitude test mampu membantu guru dalam mengelompokkan peserta didik berdasarkan potensi yang dimiliki, sehingga pembelajaran matematika menjadi lebih efektif, interaktif, dan relevan. Selain itu, strategi ini juga meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman konsep matematika peserta didik. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya asesmen awal seperti tes aptitut dalam mendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas, khususnya pada mata pelajaran matematika yang menuntut pemahaman logis dan analitis yang berbeda-beda untuk setiap peserta didik. Kata Kunci: tes aptitude, pembelajaran berdiferensiasi, matematika, strategi pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...