Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi aptitude test sebagai bagian dari strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Semarang dengan partisipan peserta didik kelas XI.H sebanyak 35 orang. Pengumpulan data melalui pengamatan dan tes tertulis. Hasil menunjukkan bahwa penerapan aptitude test mampu membantu guru dalam mengelompokkan peserta didik berdasarkan potensi yang dimiliki, sehingga pembelajaran matematika menjadi lebih efektif, interaktif, dan relevan. Selain itu, strategi ini juga meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman konsep matematika peserta didik. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya asesmen awal seperti tes aptitut dalam mendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas, khususnya pada mata pelajaran matematika yang menuntut pemahaman logis dan analitis yang berbeda-beda untuk setiap peserta didik. Kata Kunci: tes aptitude, pembelajaran berdiferensiasi, matematika, strategi pembelajaran
Copyrights © 2025