Media Jurnal Informatika
Vol 17, No 1 (2025): Media Jurnal Informatika

Sistem Pengelolaan dan Pemantauan Data Layanan Pengaduan Publik Menggunakan Algoritma String Matching

Afifah, Najla Putri (Unknown)
Renanti, Medhanita Dewi (Unknown)
Barus, Irma Rasita Gloria (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Pelayanan pengaduan publik di Kota Tangerang yang selama ini dikelola menggunakan Microsoft Excel melalui aplikasi LAKSA mengalami berbagai kendala. Kendala utamanya  dalam pengolahan data yang memerlukan waktu lama dan rentan kesalahan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi Report Aspirations Communications and Sentimen (Re-Actions) yang dilengkapi fitur kategorisasi otomatis menggunakan algoritma string matching untuk meningkatkan dan mempercepat proses klasifikasi pengaduan. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Scrum, yaitu pendekatan terstruktur yang mampu beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pengguna. Sistem ini dilengkapi dashboard real-time yang memudahkan admin memantau dan menganalisis data pengaduan masyarakat. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode blackbox, hasil menunjukkan bahwa semua fitur berfungsi sesuai kebutuhan, mulai dari login, pengelolaan data, dashboard visualisasi, hingga kategorisasi label dan kecamatan. Dengan menggunakan algoritma string matching untuk kategorisasi, sistem ini telah meningkatkan proses klasifikasi pengaduan secara signifikan. Algoritma ini mampu mengidentifikasi dan menampilkan posisi pola dalam teks secara efisien, sehingga pengelolaan pengaduan masyarakat menjadi lebih efisien dan akurat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mjinformatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Media Jurnal Informatika merupakan oleh jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur yang terbit setiap 6 Bulan pada Juni dan Desember. Media Jurnal Informatika mulai terbit dengan versi cetak pada tahun 2009 dan terbit satu kali dalam satu tahun, ...