ILTEK : Jurnal Teknologi
Vol. 20 No. 01 (2025): ILTEK : Jurnal Teknologi

PERBANDINGAN TINGKAT KOROSI PLAT BAJA KAPAL MENGGUNAKAN VARIASI AIR LAUT

Musrawati, Musrawati (Unknown)
Haslinah, Andi (Unknown)
Murdayanto, Murdayanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Korosi pada plat badan kapal dapat mengakibatkan turunnya kekuatan dan umur pakai kapal, mengurangi kecepatan kapal serta mengurangi jaminan keselamatan dan keamanan penumpang. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisa laju korosi terhadap variasi air laut dan untuk mengetahui pengaruh pH, suhu, kadar garam, dan zat padat terlarut pada variasi air laut terhadap laju korosi. Metode penelitian yaitu menggunakan jenis deskriptif dan kuantitatif. penelitian dilakukan selama 70 hari di 3 tempat yang berbeda yaitu di dermaga galangan kapal makassar, Dermaga sabang tambua kabupaten maros dan pelabuhan Tonasa di kabupaten pangkep. Baja yang digunakan adalah SS400, hasil Tes disajikan secara numerik dan diilustrasikan dengan angka dan gambar dan grafik hasil yang diperoleh untuk mengetahui laju korosi dengan menghitung kehilangan berat (weight loss). Hasil tes menunjukkan laju korosi terhadap perairan pangkep menghasilkan laju korosikyang terbaik dengan angka sebesar 32,28 mpy. serta laju korosi terhadap air laut makassar sebesar 20,36 mpy. Dan laju korosi terendah diperoleh dari perendaman air laut maros dengan nilai 9,44 mpy. Makin tinggi suhu, tingkat keasaman dan kadar garam di air maka makin tinggi laju korosilyang terjadi. Begitupun selang waktu pengujian yang digunakan semakin lama maka semakin besar hasil lajulkorosinya. Kesimpulannya adalah lajulkorosi terhadap 3 tempat yang berbeda dan pengaruh pH, suhu, kadar garam terlarut pada ke 3 tempat diperoleh terbesar di daerah pangkep.

Copyrights © 2025