Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 4 No 1 (2025): Mei 2025

Meronce sebagai Media Stimulasi Berpikir Simbolik Anak Usia Dini di KB Sari Rahayu Soneyan

Ni’mah, Nihayatun (Unknown)
Salsabila, Arina (Unknown)
Ali Putri, Farah Kamelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berpikir simbolik, khususnya dalam mengenal warna melalui kegiatan meronce di KB Sari Rahayu Soneyan Pati tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 anak kelompok A usia 4-5 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen penilaian perkembangan kemampuan mengenal dan membedakan warna serta meronce sesuai warna. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan kognitif anak dalam berpikir simbolik dari pra-siklus ke siklus II. Pada akhir siklus II, sebanyak 15 anak (83,3%) menunjukkan perkembangan sangat baik, melebihi indikator keberhasilan sebesar 82%. Dengan demikian, kegiatan meronce terbukti efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak usia dini dalam konteks pengenalan warna secara menyenangkan dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tintaemas

Publisher

Subject

Education

Description

tinta emas jurnal pendidikan islam anak usia dini is an international, open access, and peer reviewed journal to discuss about new findings in early childhood education, especially in muslim society. all papers are peer reviewed by at least two reviewers. tinta emas jurnal pendidikan islam anak usia ...