Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berpikir simbolik, khususnya dalam mengenal warna melalui kegiatan meronce di KB Sari Rahayu Soneyan Pati tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 anak kelompok A usia 4-5 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen penilaian perkembangan kemampuan mengenal dan membedakan warna serta meronce sesuai warna. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan kognitif anak dalam berpikir simbolik dari pra-siklus ke siklus II. Pada akhir siklus II, sebanyak 15 anak (83,3%) menunjukkan perkembangan sangat baik, melebihi indikator keberhasilan sebesar 82%. Dengan demikian, kegiatan meronce terbukti efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak usia dini dalam konteks pengenalan warna secara menyenangkan dan bermakna.
Copyrights © 2025