Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol. 19 No. 1 (2025): APRIL 2025

PENGARUH ATRIBUT SOSIAL BUDAYA TERHADAP VIVID MEMORY DAN NIAT BERPERILAKU WISATAWAN MANCANEGARA DI KOTA YOGYAKARTA DAN SURABAYA

Putra, Calvin Gwiantara (Unknown)
Hododjoyo, Rivaldi Fernando (Unknown)
Wijaya, Serli (Unknown)
Jokom, Regina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pengalaman sustainable tourism khususnya pada aspek sosial budaya terhadap vivid memory yang nantinya akan memengaruhi niat berperilaku dari para wisatawan mancanegara yang sedang dan telah berwisata ke Yogyakarta dan Surabaya. Penelitian ini menganalisa data dari 262 responden yang valid, yang merupakan wisatawan mancanegara yang sedang maupun pernah berkunjung ke Yogyakarta dan Surabaya, menggunakan teknik analisa data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel sosial budaya terkait pariwisata berkelanjutan terhadap niat berperilaku, dengan Vivid memory sebagai mediator. Implikasinya, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar dalam merumuskan kebijakan dan strategi yang lebih efektif untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui ...