Sousenkyo merupakan ajang pemilihan berbasis voting yang mengharuskan penggemar memberikan dukungan penuh kepada idola mereka dan mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Komunikasi kelompok dalam fanbase berperan penting untuk mengorganisir anggota dan strategi yang akan digunakan dalam masa kampanye event ini. Setiap kelompok pasti memiliki unsur konformitas didalamnya, individu menyesuaikan sikap dan perilaku mereka agar selaras dengan aturan juga norma yang berlaku pada kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konformitas dan keterlibatan penggemar dalam mendukung idola pada event Sousenkyo 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi kelompok dapat mendorong bentuk perilaku konformitas penggemar untuk menunjang keefektivitasan strategi kelompok. Anggota fanbase cenderung untuk mengikuti strategi kolektif seperti sistem menabung, pembelian merchandise, hingga hastag yang akan dipakai pada event Sousenkyo 2024. Kohesivitas kelompok juga memperkuat adanya konformitas, individu merasa terdorong untuk berpartisipasi secara aktif mulai dari kontribusi finansial hingga keterlibatan diskusi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025