Kanker payudara merupakan penyebab kematian tertinggi kedua pada perempuan Indonesia sebanyak 22.598 jiwa, dengan sebagian besar kasus terdiagnosis pada stadium lanjut yang menyebabkan sulitnya penanganan. Keterlambatan diagnosis ini sebagian besar diakibatkan oleh rendahnya pengetahuan dan kesadaran tentang deteksi dini SADARI, serta hambatan internal seperti rasa malu atau takut. Mengingat rendahnya edukasi kesehatan reproduksi digital, penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas gamifikasi Genially dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan SADARI di kalangan remaja putri. Studi ini menggunakan desain pre-experimental one-group pretest-posttest dengan 67 partisipan siswi kelas X dari SMKN 4 Samarinda yang dipilih secara proportionate stratified random sampling. Intervensi dilakukan dua sesi (120 menit/sesi) menggunakan media gamifikasi Genially. Data pengetahuan dan keterampilan dikumpulkan melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank. Hasil uji statistik menunjukkan pengaruh signifikan gamifikasi Genially terhadap peningkatan pengetahuan SADARI (Z = -7.047, ρ < 0.001) dari 14,9% menjadi 92,5% pada kategori "Baik" dan peningkatan keterampilan SADARI (Z = -8.011, ρ < 0.001) dari 0% menjadi 95,5% pada kategori "Baik". Temuan ini memperluas bukti bahwa gamifikasi Genially efektif sebagai strategi promotif kanker payudara di kalangan remaja.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025